Translate

Cara Cepat Mengatasi Handphone Terendam Air

Cara cepat mengatasi handphone terendam air

Anda pernah mengalami kejadian handphone Anda terjatuh kedalam air?. Anda tentu kawatir karna ponsel yang terendam air. Atau mungkin basah karena kehujanan didalam saku Anda. Namun Anda tidak perlu panik, Anda bisa dengan cepat mengatasinya, bagaimana caranya? Berikut tips yang bisa Anda lakukan:


1. Bertindak cepat
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menyelamatkan ponsel basah Anda adalah untuk bertindak cepat. Cepat lepaskan semua casing penutup ponsel Anda, baterai, kartu SIM cart, kartu memory dll. Selanjutnya, ambilah sepotong kain atau kertas tisu untuk menyeka bagian yang terkena air, Anda dapat melihat kedalam ponsel. Pastikan sudah kering sepenuhnya. Jika Anda tidak melakukan hal ini, air didalam ponsel akan mulai menguap & berkumpul di tempat-tempat yang akan sulit dijangkau. Ini akan meminimalisir terjadinya konslet pada perangkat ponsel Anda jika lama terendam air.

2. Menggunakan HairDryer
Ambil hairdryer (pengering rambut atau sejenisnya) & mulai mengeringkan ponsel, terutama pada bagian tempat baterai. Tempat baterai biasanya terdiri dari lubang-lubang kecil untuk membiarkan udara keluar masuk dari panasnya baterai yang digunakan (sehingga dapat memberikan lebih banyak ruang untuk air mengendap) didalam ponsel.

Pastikan bahwa Anda tidak memegang hairdryer terlalu dekat dengan ponsel. Jika terlalu dekat, hal itu dapat membahayakan mekanisme listrik atau panel-panel yang ada dalam ponsel. Terus keringkan ponsel dari jarak aman sekitar 20 sampai 30 menit.

Jika solusi nomor 1 & 2 tidak bekerja, coba solusi nomor 3.

3. Pengeringan dengan waktu yang lama
Lepaskan penutup serta baterai dari ponsel, letakan ponsel di tempat yang kering serta hangat untuk membiarkan air yang ada didalam ponsel menguap secara bertahap dari lubang-lubang kecil di ponsel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Mengatasi Handphone Terendam Air"

Post a Comment