Translate

Cara Reset Smartphon Android Seperti Baru Dari Pabrik

Cara Reset Ulang OS Android Seperti Baru dari Pabrik - Ok sobat kali ini saya akan share mengenai cara untuk mengembalikan semua aplikasi & pengaturan pada Android kita agar kembali seperti Hp baru. Untuk langkah ini biasa disebut recovery mode. Apa itu recovery mode Android? recovery mode Android pada dasarnya adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android. Pada beberapa tipe handphon, upgrade sofware dapat juga dilakukan langsung melalui recovery mode. Tidak semua handphon atau tablet Android memiliki recovery mode, namun pada beberapa tipe Android, hal ini dapat diatasi dengan mengintall recovery mode buatan pihak ketiga, misalnya ClockwordMod recovery atau xRecovery.


Pada umumnya faktory reset dapat dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) > Privacy (privasi) > Factory data reset ( reset data pabrik). Namun bila kondisi handphonnya tidak mau start atau tidak mau masuk ke menu, maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.

Reset Ulang Smartphon Android dengan cara "Recovery mode" akan sangat berguna bila Anda mengalami hal-hal sebagai berikut:
  • Bila handphon Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphon (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  • Bila handphon Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  • Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  • Kerusakan-kerusakan software Android lainya.
Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut. Namun sebelumnya, resiko ditanggung sendiri ya.

Cara Ampuh me-Reset Ulang Smartphon Android Jadi Seperti Baru Dari Pabrik.

Tahap 1: Masuk ke Recovery Mode

Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, Anda harus mematikan dulu smartphon / tabletnya, tekan & tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya untuk galaxy Young S5360 tekan tombol vol Up + Home + Power secara bersamaan) & Anda akan masuk ke dalam recovery mode.

Cara masuk recovery mode tombol yang harus di tekan bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya. recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja. & didalam recovery mode, pada umumnya Anda tidak dapat menggunakan layar sentuhnya, jadi untuk navigasi naik & turun, biasanya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphon Androidnya).

Berikut contoh tampilan recovery mode Android:


Reset handphone android kembali kesetelan pabrik


Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur "wipe data / factory reset" setelah itu sestart handphon Anda.

Agar Anda tidak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphon Android samsung Galaxy Young:
  • Pastikan baterai masih cukup banyak (minimal 70%)
  • Matikan handphon
  • Tekan & tahan tombol Volume Up + tombol HOME (tengah) + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik, lalu anda akan dibawa masuk ke menu recovery mode Android, (perhatikan layar handphon Anda, jika sudah masuk akan tampak seperti gambar di atas)
  • Dengan menggunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan wipe data / factory reset
  • Tekan tombol HOME untuk memulai proses. (harap bersabar saat proses berlangsung)
  • Setelah selesai Reboot handphon. pilihan reboot handphon ada pada pilihan menu itu (lihat gambar di atas dengan bacaan reboot system now) & selesai sudah, (selamat handphon Anda sudah seperti baru kembali seperti Anda baru pertama membelinya dari toko/pabriknya)

Mungkin itu sedikit tips untuk sobat yang sedang bermasalah dengan smartphon Androidnya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi sobat semuanya. Terimakasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Reset Smartphon Android Seperti Baru Dari Pabrik"

Post a Comment